KI
dan KD SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
KELAS III SEMESTER GANJIL
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama Islam
|
1.1 Terbiasa
menghindari sikap-sikap menyekutukan Allah SWT dengan makhluk-Nya sebagai
bentuk penolakan terhadap kepercayaan
masyarakat jahiliyah Arab pra-Islam yang tidak sesuai dengan tuntunan
agama Islam.
1.2 Meyakini akan adanya Allah SWT dan kekuasaan-Nya melalui peristiwa
penyelamatan Ka’bah dari pasukan Abrahah.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
|
2.1 Menunjukkan
sikap pemberani, teguh pendirian, memegang teguh janji, pantang menyerah,
suka menolong dan menghormati tamu sebagai bentuk amalan adat istiadat
masyarakat Arab pra-Islam yang sesuai dengan tuntunan agama Islam.
2.2 Bersikap
menghindari perbuatan tercela mabuk-mabukan, merendahkan derajat wanita, dan
suka berpesta pora yang merupakan sifat dan watak masyarakat Arab pra-Islam
yang tidak sesuai dengan tuntunan agama Islam.
2.3 Bersikap
menghindari sifat tercela sebagaimana yang dilakukan pasukan Abrahah dalam
peristiwa penyerangan Ka’bah.
2.4 Bersikap
jujur dan dapat dipercaya sesuai dengan kepribadian Nabi Muhammad SAW yang
bergelar Al - Amin.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Memahami adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat
Arab pra-Islam.
3.2
Mengetahui masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW.
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan
kondisi alam, sosial, dan perekonomian
masyarakat Arab pra-Islam.
4.2 Menceritakan
kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW.
4.3 Menceritakan
sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.
4.4 Menuliskan
silsilah Nabi Muhammad SAW.
|
KELAS III SEMESTER GENAP
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama Islam
|
1.1 Meyakini
Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT
1.2 Terbiasa
menghindari kebiasaan buruk.
1.3 Meyakini
cara-cara Nabi Muhammad SAW dalam menghindari kebiasaan buruk masyarakat di
sekitarnya.
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan
tetangganya
|
2.1.
Menunjukkan perilaku yang meneladani kehidupan
masa remaja Nabi Muhammad SAW .
2.2
Menunjukkan cara-cara mencintai Nabi Muhammad SAW sebagai teladan (uswah hasanah) dan Nabi yang Agung.
|
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1 Mengetahui
bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW
3.2 Memahami peristiwa kerasulan Nabi Muhammad SAW.
3.3 Mengetahui
bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW.
4.2 Menunjukkan
karakteristik jahiliyah masa Nabi Muhammad SAW.
4.3 Menuliskan
bukti-bukti kerasulan Nabi
Muhammad SAW.
|
KELAS IV SEMESTER GANJIL
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama Islam
|
1.1 Meyakini kebenaran dari Allah SWT walaupun banyak tantangan yang harus dihadapi sebagai implementasi nilai-nilai
dakwah Rasulullah di tahun-tahun awal
kenabian.
1.2 Terbiasa
santun dalam menyampaikan kebenaran sebagai
implementasi nilai dakwah Rasulullah SAW.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1
Bersikap tabah menghadapi cobaan dalam menyampaikan kebenaran sebagai
bentuk meneladani ketabahan Nabi Muhammad SAW
dan para sahabatnya dalam
berdakwah.
2.2 Menunjukkan kemuliaan akhlak dalam menyampaikan kebenaran sebagai implementasi keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah.
|
3.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1
Bersikap tabah menghadapi cobaan dalam menyampaikan kebenaran sebagai
bentuk meneladani ketabahan Nabi Muhammad SAW
dan para sahabatnya dalam
berdakwah.
2.2 Menunjukkan kemuliaan akhlak dalam menyampaikan kebenaran sebagai implementasi keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah.
|
4.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui
contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam berdakwah.
3.2 Memahami
ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmad bagi seluruh alam.
|
5. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
5.1 Menceritakan
ketabahan Nabi Muhammad SAW dan sahabat dalam berdakwah.
5.2 Menceritakan
kemuliaan akhlak Nabi Muhammad SAW dan
sahabat dalam berdakwah.
|
KELAS IV SEMESTER GENAP
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama Islam
|
1.1
Menunaikan kemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk
implementasi semangat hijrah para sahabat Rasulullah.
1.2
Terbiasa menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perintah salat lima waktu.
1.3
Melaksanakan salat lima waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan
peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
|
2.1
Menunjukkan
kesabaran para Sahabat Nabi
Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Habasyah.
2.2
Menunjukkan
kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif.
2.3
Menunjukkan hikmah dari peristiwa Isra’-
Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
2.4
Menunjukkan hikmah dari peristiwa hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Yatsrib.
2.5
Menunjukkan
keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam mempertahankan kota Madinah dari
serangan kafir Quraisy.
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
|
3.1
Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW
menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
3.2
Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah
ke Thaif.
3.3
Mengenal latar belakang Nabi Muhammad SAW di-Isra’ Mi’rajkan Allah SWT.
3.4
Memahami keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah
Nabi Muhammad SAW.
3.5 Mengetahui
sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
3.6 Mengenal
upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah
(sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan).
|
4. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain
|
3.7
Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW
menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
3.8
Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah
ke Thaif.
3.9
Mengenal latar belakang Nabi Muhammad SAW di-Isra’ Mi’rajkan Allah SWT.
3.10
Memahami keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah
Nabi Muhammad SAW.
3.11
Mengetahui sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke
Yatsrib.
3.12
Mengenal upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW
dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan).
|
5. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
|
4.1
Menceritakan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.
4.2 Menceritakan peristiwa hijrah Sahabat ke Thaif.
4.3 Menceritakan kembali peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
4.4 Menceritakan
kembali peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke
Yatsrib.
|
KELAS V SEMESTER GANJIL
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
|
1.1 Terbiasa
untuk selalu berubah menuju
kebaikan sebagai bentuk implementasi
semangat hijrah Rasulullah keYatsrib.
1.2
Terbiasa berkorban demi memperjuangkan
kebenaran/kebaikan sebagai
implementasi semangat hijrah Rasulullah
ke Yatsrib.
1.3
Meyakini terjadinya peristiwa fathu Makkah atas pertolongan Allah SWT.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Menunjukkan
hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
2.2
Menunjukkan keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam mempertahankan kota Madinah
dari serangan kafir Quraisy.
2.3 Menunjukkan ibrah dari peristiwa Fathu Makkah.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui
sebab-sebab hijrah Rasulullah ke Yatsrib.
3.2 Mengetahui
sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah.
3.3
Memahami cara-cara Rasulullah dalam menghindari pertumpahan darah
dengan kaum kafir Qurais dalam peristiwa Fathu Makkah.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan
kronologi Rasul hijrah ke Yatsrib.
4.2 Menceritakan
kronologi peristiwa Fathu Makkah.
4.3 Mencontohkan keteladanan Nabi Muhammad SAW dalam Fathu
Makkah dengan tuntutan kehidupan sekarang.
|
KELAS V SEMESTER GENAP
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
|
1.1 Meyakini
semangat rela berkorban yang ditunjukkan oleh para Khulafaurasyidin sebagai
bentuk kecintaan pada Allah SWT dan Rasul-Nya.
1.2 Meyakini
Al-Qur’an dan Sunah Rasul sebagai peninggalan Rosulullah SAW.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Menunjukkan hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.
2.2 Memiliki
nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq.
2.3 Memiliki nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui dua pusaka yang ditinggalkan
Rasulullah sebagai pegangan kaum mslimin.
3.2 Mengetahui
contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq.
3.3 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menceritakan
peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW.
4.2 Menceritakan
kepribadian Abu Bakar as-Shiddiq dan
perjuangannya dalam dakwah Islam.
4.3
Menceritakan kepribadian Umar
bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
|
KELAS VI SEMESTER GANJIL
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
|
1.1
Meyakini semangat rela berkorban yang ditunjukkan oleh para Khulafaurasyidin
sebagai bentuk kecintaan pada Allah SWT dan rasul-Nya.
1.2 Terbiasa
berkorban sebagaimana yang dilakukan
oleh para Khulafaurasyidin sebagai bentuk kecintaan pada Allah SWT dan
rasul-Nya.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
2.1Menunjukkan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan.
2.2 Menunjukkan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan.
3.2 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Ali bin Abi Thalib.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan kepribadian Utsman bin Affan dan
perjuangannya dalam dakwah Islam.
4.2 Menceritakan
kepribadian dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib.
|
SKI
KELAS VI SEMESTER GENAP
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
|
1.1 Meyakini
penyebaran agama Islam di Indonesia secara damai melalui cerita dakwah beberapa
tokoh Wali Sanga.
1.2
Meyakini cara-cara dakwah Wali Sanga dalam penyebaran agama Islam yang
menyesuaikan dengan kondisi masyarakat saat itu.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
2.1 Menunjukkan perjuangan beberapa tokoh Wali Sanga (Sunan Maulana Malik
Ibrahim, Sunan Kalijaga, dan Sunan Gunung Jati) dalam penyebaran agama Islam
secara damai di Indonesia.
2.2 Terbiasa
menyampaikan ajaran agama Islam dengan cara-cara yang santun dalam kehidupan
bermasyarakat sebagai bentuk keteladanan terhadap Wali Sanga.
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
3.1 Mengetahui
sejarah perjuangan Sunan Maulana Malik Ibrahim.
3.2 Mengetahui
jasa Sunan Maulana Malik Ibrahim dalam penyebaran agama Islam.
3.3 Mengetahui
sejarah perjuangan Sunan Kalijaga.
3.4 Mengetahui
jasa Sunan Kalijaga dalam penyebaran agama Islam.
3.5 Mengetahui
sejarah perjuangan Sunan Gunung Jati.
3.6 Mengetahui
jasa Sunan Gunung Jati dalam penyebaran agama Islam.
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
4.1 Menceritakan
cara-cara dakwah Sunan Maulana Malik Ibrahim dalam penyebaran agama Islam.
4.2 Menceritakan
cara-cara dakwah Sunan Kalijaga dalam penyebaran agama Islam.
4.3 Menceritakan
cara-cara dakwah Sunan Gunung Jati dalam penyebaran agama Islam.
4.4 Mencontoh kearifan dakwah para Wali Sanga
dengan tuntutan kehidupan sekarang.
|
|
0 komentar:
Posting Komentar