Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 23 Desember 2013

KI dan KD SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

KELAS III  SEMESTER GANJIL

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama Islam

1.1  Terbiasa menghindari sikap-sikap menyekutukan Allah SWT dengan makhluk-Nya sebagai bentuk penolakan terhadap kepercayaan  masyarakat jahiliyah Arab pra-Islam yang tidak sesuai dengan tuntunan agama Islam.
1.2  Meyakini akan adanya Allah SWT dan kekuasaan-Nya melalui peristiwa penyelamatan Ka’bah dari pasukan Abrahah.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya

2.1  Menunjukkan sikap pemberani, teguh pendirian, memegang teguh janji, pantang menyerah, suka menolong dan menghormati tamu sebagai bentuk amalan adat istiadat masyarakat Arab pra-Islam yang sesuai dengan tuntunan agama Islam.
2.2  Bersikap menghindari perbuatan tercela mabuk-mabukan, merendahkan derajat wanita, dan suka berpesta pora yang merupakan sifat dan watak masyarakat Arab pra-Islam yang tidak sesuai dengan tuntunan agama Islam.
2.3  Bersikap menghindari sifat tercela sebagaimana yang dilakukan pasukan Abrahah dalam peristiwa penyerangan Ka’bah.
2.4  Bersikap jujur dan dapat dipercaya sesuai dengan kepribadian Nabi Muhammad SAW yang bergelar Al - Amin.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1   Memahami adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam.
3.2   Mengetahui masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

4.1  Menceritakan kondisi alam, sosial, dan  perekonomian masyarakat Arab pra-Islam.
4.2  Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW.
4.3  Menceritakan sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW.
4.4  Menuliskan silsilah Nabi Muhammad SAW.



KELAS III  SEMESTER GENAP

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama Islam

1.1  Meyakini Nabi Muhammad SAW adalah  utusan  Allah SWT
1.2  Terbiasa menghindari kebiasaan buruk.
1.3  Meyakini cara-cara Nabi Muhammad SAW dalam menghindari kebiasaan buruk masyarakat di sekitarnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya

2.1. Menunjukkan perilaku yang meneladani kehidupan masa remaja Nabi Muhammad SAW .
2.2 Menunjukkan cara-cara mencintai Nabi Muhammad SAW sebagai teladan (uswah hasanah) dan Nabi yang Agung.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1  Mengetahui bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW
3.2  Memahami peristiwa kerasulan Nabi Muhammad SAW.
3.3  Mengetahui bukti-bukti kerasulan Nabi Muhammad SAW.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menceritakan  masa remaja atau masa muda Nabi  Muhammad SAW.
4.2  Menunjukkan karakteristik jahiliyah masa Nabi Muhammad SAW.
4.3  Menuliskan bukti-bukti kerasulan Nabi       Muhammad SAW.

KELAS IV  SEMESTER GANJIL

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam

1.1  Meyakini  kebenaran dari Allah SWT  walaupun banyak tantangan yang harus  dihadapi sebagai implementasi nilai-nilai dakwah Rasulullah di  tahun-tahun awal kenabian.
1.2  Terbiasa santun dalam menyampaikan kebenaran sebagai   implementasi nilai dakwah Rasulullah SAW.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

2.1 Bersikap tabah menghadapi cobaan dalam       menyampaikan kebenaran sebagai bentuk       meneladani  ketabahan Nabi Muhammad        SAW  dan para sahabatnya dalam        berdakwah.
 2.2 Menunjukkan kemuliaan akhlak dalam        menyampaikan kebenaran sebagai        implementasi keteladanan Nabi        Muhammad SAW dalam  berdakwah.
3.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya

2.1 Bersikap tabah menghadapi cobaan dalam       menyampaikan kebenaran sebagai bentuk       meneladani  ketabahan Nabi Muhammad        SAW  dan para sahabatnya dalam        berdakwah.
 2.2 Menunjukkan kemuliaan akhlak dalam        menyampaikan kebenaran sebagai        implementasi keteladanan Nabi        Muhammad SAW dalam  berdakwah.
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1  Mengetahui contoh-contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam berdakwah.
3.2  Memahami ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmad bagi seluruh alam.
5.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
5.1  Menceritakan ketabahan Nabi Muhammad SAW dan sahabat dalam berdakwah.
5.2  Menceritakan kemuliaan  akhlak Nabi Muhammad SAW dan sahabat dalam berdakwah.

KELAS IV  SEMESTER GENAP

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.  Menerima, menjalankan, dan 
menghargai ajaran agama Islam
1.1 Menunaikan kemauan untuk selalu berubah menuju kebaikan sebagai bentuk implementasi semangat hijrah para sahabat Rasulullah.
1.2 Terbiasa menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perintah salat lima waktu.
1.3 Melaksanakan salat lima waktu secara tertib sebagai bentuk pengamalan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1       Menunjukkan  kesabaran para Sahabat Nabi  Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Habasyah.
2.2       Menunjukkan  kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif.
2.3       Menunjukkan hikmah dari peristiwa Isra’-    Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
2.4       Menunjukkan hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
2.5       Menunjukkan  keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam mempertahankan kota Madinah dari serangan kafir Quraisy.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1       Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
3.2       Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke  Thaif.
3.3       Mengenal latar belakang Nabi Muhammad SAW  di-Isra’ Mi’rajkan Allah SWT.
3.4       Memahami keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad SAW.
3.5  Mengetahui sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
3.6  Mengenal upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan).
4.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.7       Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW menganjurkan sahabat hijrah ke Habasyah.
3.8       Mengetahui sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke  Thaif.
3.9       Mengenal latar belakang Nabi Muhammad SAW  di-Isra’ Mi’rajkan Allah SWT.
3.10   Memahami keadaan masyarakat Yastrib sebelum hijrah Nabi Muhammad SAW.
3.11          Mengetahui sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
3.12          Mengenal upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan).
5.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menceritakan peristiwa hijrah Sahabat ke Habasyah.
4.2  Menceritakan  peristiwa hijrah Sahabat ke Thaif.
4.3  Menceritakan  kembali peristiwa penting di dalam Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
4.4  Menceritakan kembali peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke  Yatsrib.

KELAS V  SEMESTER GANJIL

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
1.1 Terbiasa untuk selalu berubah  menuju
      kebaikan sebagai bentuk implementasi
      semangat  hijrah Rasulullah keYatsrib.
1.2 Terbiasa berkorban demi memperjuangkan
     kebenaran/kebaikan sebagai implementasi      semangat hijrah Rasulullah ke Yatsrib.
1.3 Meyakini terjadinya peristiwa fathu Makkah atas pertolongan Allah SWT.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1  Menunjukkan hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib.
2.2 Menunjukkan keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam mempertahankan kota Madinah dari serangan kafir Quraisy.
2.3 Menunjukkan ibrah dari peristiwa Fathu      Makkah.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1  Mengetahui sebab-sebab hijrah Rasulullah ke Yatsrib.
3.2  Mengetahui sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah.
3.3 Memahami cara-cara Rasulullah dalam        menghindari pertumpahan darah dengan       kaum  kafir Qurais dalam peristiwa Fathu       Makkah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menceritakan kronologi Rasul hijrah ke Yatsrib.
4.2  Menceritakan kronologi  peristiwa Fathu Makkah.   
4.3   Mencontohkan keteladanan Nabi  Muhammad SAW  dalam Fathu Makkah dengan tuntutan kehidupan sekarang.

KELAS V  SEMESTER GENAP

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
1.1  Meyakini semangat rela berkorban yang ditunjukkan oleh para Khulafaurasyidin sebagai bentuk kecintaan pada Allah SWT dan Rasul-Nya.
1.2  Meyakini Al-Qur’an dan Sunah Rasul sebagai peninggalan Rosulullah SAW.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1  Menunjukkan hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.
2.2  Memiliki nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq.
2.3  Memiliki nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1   Mengetahui dua pusaka yang ditinggalkan Rasulullah sebagai pegangan kaum mslimin.
3.2  Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq.
3.3  Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1   Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW.
4.2  Menceritakan kepribadian Abu Bakar  as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam.
4.3  Menceritakan kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam.

KELAS VI SEMESTER GANJIL

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
1.1 Meyakini semangat rela berkorban yang ditunjukkan oleh para Khulafaurasyidin sebagai bentuk kecintaan pada Allah SWT dan rasul-Nya.
 1.2 Terbiasa  berkorban sebagaimana yang dilakukan  oleh para Khulafaurasyidin sebagai bentuk kecintaan pada Allah SWT dan rasul-Nya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1Menunjukkan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan.
2.2  Menunjukkan nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan.
3.2 Mengetahui contoh nilai-nilai positif dari khalifah Ali bin Abi Thalib.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menceritakan kepribadian Utsman bin Affan dan  perjuangannya dalam dakwah Islam.
4.2  Menceritakan kepribadian dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib.

SKI  KELAS VI  SEMESTER GENAP

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam
1.1 Meyakini penyebaran agama Islam di Indonesia secara damai melalui cerita dakwah  beberapa  tokoh Wali Sanga.
1.2 Meyakini cara-cara dakwah Wali Sanga dalam penyebaran agama Islam yang menyesuaikan dengan kondisi masyarakat saat itu.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
2.1  Menunjukkan perjuangan beberapa tokoh Wali Sanga (Sunan Maulana Malik Ibrahim, Sunan Kalijaga, dan Sunan Gunung Jati) dalam penyebaran agama Islam secara damai di Indonesia.
2.2  Terbiasa menyampaikan ajaran agama Islam dengan cara-cara yang santun dalam kehidupan bermasyarakat sebagai bentuk keteladanan terhadap Wali Sanga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
3.1  Mengetahui sejarah perjuangan Sunan Maulana Malik Ibrahim.
3.2  Mengetahui jasa Sunan Maulana Malik Ibrahim dalam penyebaran agama Islam.
3.3  Mengetahui sejarah perjuangan Sunan Kalijaga.
3.4  Mengetahui jasa Sunan Kalijaga dalam penyebaran agama Islam.
3.5  Mengetahui sejarah perjuangan Sunan Gunung Jati.
3.6  Mengetahui jasa Sunan Gunung Jati dalam penyebaran agama Islam.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
4.1  Menceritakan cara-cara dakwah Sunan Maulana Malik Ibrahim dalam penyebaran agama Islam.
4.2  Menceritakan cara-cara dakwah Sunan Kalijaga dalam penyebaran agama Islam.
4.3  Menceritakan cara-cara dakwah Sunan Gunung Jati dalam penyebaran agama Islam.
4.4   Mencontoh kearifan dakwah para Wali Sanga dengan tuntutan kehidupan sekarang.


0 komentar:

Posting Komentar